12 Manfaat Pisang Kepok dan Gizinya

12 Manfaat Gizi Pisang Kepok
Pisang Kepok

Pisang Kepok Merupakan Pisang asal daerah Pilipina, Mereka Biasa Menyebutnya dengan Saba atau Sab a, Maka dari Itu Bahasa Asing dari Pisang atau Gedang Kepok adalah Saba Banana. Pisang Kepok Merupakan Salah Satu Pisang Yang dapat di olah sesuai dengan Selera, ada 2 jenis Pisang Kepok sebenarnya yaitu Pisang Kepok Putih dan Pisang Kepok Kuning. Biasanya Pisang Kepok Putih Untuk Memberi Makan Burung, karena kulitnya tipis dan isinya Empuk. Sedangkan Pisang Kepok Kuning Biasanya yang biasa kita Makan karena kulitnya tebal dan isinya Padat. Banyak Manfaat dari Pisang Kepok ini, ini Adalah 12 Manfaat Pisang Kepok Menurut Ahli Kesehatan dan Gizi.

1. Melancarkan saluran pencernaan.
Pisang kepok dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat. Berkat kandungan ini, pisang kepok baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Kandungan serat dalam pisang kepok juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

2. Menjaga kesehatan jantung
Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat dalam pisang kepok juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sementara itu, kandungan kalium di dalam pisang kepok juga mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat ini menjadikan pisang kapok baik dikonsumsi untuk mencegah hipertensi dan penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan
Sebagian orang mengira bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi dalam pisang kepok dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sehingga konsumsinya sering dihindari saat menjalani diet. Padahal, jenis karbohidrat di dalam pisang ini adalah karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah menurunkan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

4. Meredakan morning sickness pada ibu hamil
Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil kerap mengalami morning sickness yang dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti mual, muntah, sakit kepala, dan kelelahan. Kandungan vitamin B6 di dalam pisang kepok diketahui mampu meredakan gejala morning sickness. Namun, tak hanya dengan pisang kepok, ibu hamil juga bisa mengatasi morning sickness dengan minum air putih yang cukup dan menghindari makanan berlemak tinggi.

5. Mencegah anemia
Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Anemia sering kali tidak bergejala. Namun, jika tidak diobati, penyakit ini lama-kelamaan bisa menimbulkan gejala berupa mudah lelah, lemas, hingga sulit konsentrasi. Untuk mencegah anemia, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan folat, termasuk pisang kepok.

6. Pencegahan Sembelit
Kandungan serat dalam Pisang Kepok membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, menjadikannya buah yang baik untuk kesehatan usus.

7. Sumber Energi Alami
Pisang Kepok adalah sumber karbohidrat yang sehat, memberikan energi alami yang tahan lama, menjadikannya camilan yang ideal sebelum atau sesudah berolahraga.

8. Pencegahan Kram Otot
Kandungan kalium Pisang Kepok dapat membantu mencegah kram otot dan menjaga fungsi otot yang sehat.

9. Kesehatan Mata
Pisang Kepok mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata dan menjaga penglihatan yang baik.

10. Kuatkan Tulang
Manfaat pisang kepok rebus lainnya adalah bisa menguatkan tulang. Di mana dalam pisang kepok rebus terdapat kandungan prebiotik yang bisa menyerap kalsium lebih baik. Jika sahabat Dream mengonsumsi pisang kepok rebus secara rutin, maka ini bisa membuat tulangmu semakin kuat. Perlu diketahui bahwa pisang kepok rebus sendiri tidak memiliki kandungan kalsium. Akan tetapi, kandungan prebiotik di dalamnyalah yang mampu menyerap kalsium dengan sangat baik.

11. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

12. Untuk Merawat Kulit
Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.





Informasi Nilai Gizi
Per 100 g BDD (Berat Dapat Dimakan)












































































% AKG*
Energi
109 kkal

5.07 %

Lemak total


0.50 g

0.75 %
Vitamin A 0 mcg
0 %

Vitamin B1
0.10mg
10 %

Vitamin B2
0.mg
0 %

Vitamin B3
0.10 mg
0.67 %

Vitamin C

9 mg
10 %

Karbohidrat total

26.30g
8.09 %

Protein
0.80 g
1.33 %

Serat pangan

5.70 g


19 %

Kalsium

10 mg


0.91 %

Fosfor

30 mg


4.29 %

Natrium
10 mg

0.67 %

Kalium

300 mg

6.38 %

Tembaga

100 mcg

12.50 %

Besi

0.50 mg

2.27 %

Seng

0.20 mg

1.54 %

B-Karoten
0 mcg


-

Karoten total


-

Air

71.90 g

-

Abu

1 g

-





Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.


Percent Daily Values are based on a 2150 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs

Posting Komentar